Selasa, 02 Oktober 2012

Tentang Dashboard

sekilas mengenai dashboard dan hacking:
1. dashboard = system software (point ini maksudnya dashboard original)
Dashboard atau system software, adalah seperti operating system (cara melihat versi dashboard: nyalakan xbox, masuk system settings - system info), contoh formatnya 2.0.14719. Ada beberapa cara update, melalui game disc (game2 dalam sebuah kurun waktu akan diselipkan update dashboard terbaru), konek ke live (otomatis meminta update dashboard terbaru scr online), melalui update yang dicopy ke usb flash disk atau cd/dvd (dapat didownload di situs resmi xbox)

2. firmware modification pada dvd drive xbox
Nah agan pasti sering denger flash LT, LT+, dengan segala macem versinya, jangan dibingungkan dengan versi dashboard.

LT, LT+, xtreme, dan ixtreme, adalah custom firmware (custom: bukan original), yang dimasukkan ke dalam firmware dvd drive xbox dengan melakukan proses flash pada dvd drive xbox
note: flashing dvd drive xbox hanya memodding firmware dvd drive xbox dengan custom firmware, sementara untuk type xbox yang di mod dgn cara ini: dashboard/system softwarenya masih menggunakan yang asli, so sistem kerjanya masih spt asli, hanya pembacaan dvdnya yang di mod (bisa baca bajakan hehehe
note2: karena dashboard masih original, maka dengan mengikuti pengupdatean dashboard dan pengupdatean custom firmware lt, masih memungkinkan online

3. kalau dvd drivenya bisa dimainin firmwarenya, gimana dengan keseluruhan mesinnya?
Pada awal mula mod xbox hanya dikembangkan dengan nge-mod firmware dvd drive, pada saat itu dengan custom firmware xtreme (jauh sebelum ada LT+), seiring berkembangnya waktu, ditemukan mod yang mengehack totalitas kinerja system yang sering kita dengar dengan JTAG, yang kemudian diblokir dengan dashboard2 lebih baru, setelah JTAG dihentikan untuk beberapa saat, metode ini dilanjutkan dengan menggunakan tambahan chip yang fungsinya untuk memanfaatkan kelemahan hardware xbox, maka hack totalitas mesin xbox dimungkinkan lagi dengan metode RGH (reset glitch hack)
note: model totalitas hack kayak jtag dan rgh ini memungkinkan banyak fitur yang tidak dapat dilakukan xbox ori atau xbox flash
note: karena totalitas hack ini mengubah totalitas kinerja mesin maka tidak memungkinkan menggunakan dashboard original, maka menggunakan dashboard hack yang tidak memungkinkan untuk online
hingga februari 2012, bentuk modding untuk xbox ada 2 cara pada point 2 dan 3 tersebut....


question: gunanya ngemod/ngehacking xbox apa?
answer: buat jalanin backups/homemade/non original disc (dengan jtag,rgh bahkan bisa lebih dari itu, termasuk menjalankan program2 tidak resmi seperti emulator ps1, nintendo 64, dll)
walaupun bisa menjalankan backups/homemade/non original disc,
tetapi tetap disarankan membeli original...!




apa microsoft tinggal diam? tentu tidak!
microsoft memerangi modding semacam ini, baik flash dvd drive (LT), dan model hack JTAG&RGH;


gimana cara microsoft menangkal?
dari yang udah pernah terjadi, yang bisa kita liat:

1. menangkal flash dvd drive:
1.1 dengan mengeluarkan dashboard2 baru yang di dalemnya ada perubahan fungsi security (bisa dikaitkan dengan perubahan hardware keluaran baru -> sementara hardware lama bisa lolos -> kasus default drive old samsung dan old hitachi) --> kalau begitu tidak usah update dashboard kan aman? oooh tidak bisa! game2 baru akan diselipkan "mandatory update," jadi kalau agan ngikutin game2 terbaru, pasti lambat laun akan terpaksa update ke dashboard terbaru, apalagi kalau agan bermain online, begitu konek, permintaan untuk update dash terbaru adalah wajib dipenuhi.
btw, apanya sih yang di"security"kan? ada 2 hal yang bisa dilacak microsoft:
- firmware yang ada pada dvd drivenya (namun versi LT terbaru udah mampu menanggulangi ini)
- ketidakcocokan data2 security sector data pada disc yang belum mampu dicover dengan LT, pembacaan security disc yang tidak cocok dengan security pada dashboard resmi akan menyebabkan ketahuan (nah ini yang bakal paling sering dihadapin LT users), ketahuan akan menyebabkan konsekuensi flagged (dashboard resmi mencatat ada kebobolan - ini secara offline), dan begitu mesin konek ke live, yah tergantung keputusan dari server untuk mem-banned mesin agan atau tidak... (biasanya musim2 banned adalah deket2 akhir taun "ban wave")
1.2 dengan menerapkan format2 baru disc, yang terbaru xgd3, yang makin mempersulit pembajakan dengan flash dvd drive (jtag/rgh user tidak terpengaruh).
2. menangkal hack model JTAG & RGH
2.1 setelah JTAG sukses dilakukan pada type2 mesin terdahulu, microsoft membuat penangkal dengan dashboard seri 2.0.8***, lho selama itu update software, kan tetep bisa dikibulin pake software? ohh tidak bisa! update ini mematikan sebagian komponen xbox yang membuat xbox tidak dapat di jtag lagi,
2.2 dan bukan hanya ini, pada revisi mesin keluaran yang lebih baru, JTAG sudah tidak dapat diterapkan.
2.3 menangkal RGH adalah salah satu upaya yang dilakukan microsoft hingga hari ini, yang pertama adalah dengan mengeluarkan dashboard seri 147**, yang menangkal reset glitch hack dengan glitch, sehingga metode awal rgh tidak dapat dilakukan, tetapi dipercaya rgh memanfaatkan kelemahan mesin, sehingga sebenarnya tinggal mencari celah alternatif untuk mengglitch xbox (=wait for update=)
2.4 mengeluarkan revisi motherboard mesin terbaru (corona), yang hingga pada saat saya tulis, memang belum pernah ditemukan cara melakukan RGH pada mobo ini (dan custom firmware untuk type dvd drivenya tengah dikerjakan)

kesimpulan modding:
ada lomba antara modders dan microsoft,
modders menciptakan metode2 hack yang baru,
dan microsoft selalu mencari solusi menghentikan metode2 tersebut,
microsoft selalu mengupgrade security pada dashboard2 baru (*tidak selalu),
maka jika agan adalah orang yang mengikuti modding xbox,
untuk lt users disarankan untuk tidak terburu2 mengupdate dashboard begitu dashboard baru diluncurkan, tunggu analisa dari pada modders...
untuk jtag/rgh users tidak perlu terlalu khawatir, tinggal menunggu updatean dashboard yang sudah lolos di hack...




bedanya apa sih, antara xbox yang flash dvd drive dan jtag|rgh???

1.1 dalam strata offline
(tidak untuk online), sudah tentu, jawabnya rgh yang terbaik, karena totalitas hack... nggak pake ribet ngeflash2 mlulu... (dan fitur favorit rgh biasanya: menjalankan game yang udah diinstall tanpa cd di dalem tray (bisa diinstall dimana aja, bebas, misal external hdd berakapasitas 1 terra), sementara xbox original dan xbox LT setelah game install, cd perlu ada di dalem untuk verifikasi).
1.2 tapi dalam strata online,
xbox dengan hacked dvd firmware, emang diciptakan untuk stealth (tidak terdeteksi menjalankan non-original), dan mampu untuk online, apakah aman online dengan LT? kalau ini saya jawab: sejauh versi LT nya masih mumpuni dan belum terdeteksi oleh microsoft.
note: kalau apes, bisa jadi kan agan jadi barisan terdepan yang terdeteksi oleh microsoft, konsekuensi: banned dari "live" (online), tapi tenank, sampe detik penulisan ini, xbox kena banned = ditolak dari server live, tapi mesin masih berfungsi normal (nggak kayak console sebelah... hehehe)
2.1 dan juga seperti yang sudah saya tulis,
xbox dengan flash LT menggunakan dashboard resmi -> bisa baca bajakan secara stealth, tapi dashboard masih ori, jadi pengguna LT akan terus berlomba dengan security dashboard baru dengan mem-flash drive xbox dengan LT terbaru
2.2 kalau sudah JTAG / RGH,
agan sudah tidak menggunakan dashboard resmi
, anda menggunakan dashboard hack, so, sekali mesin agan udah terjun ke dalam dashboard hack, agan bebas dari segala peraturan dashboard resmi (dan tentunya mengikuti updatean dari dashboard hack)

-posting akan saya update-

Lebih jauh mengenai LT+:
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=165

link lebih jauh untuk tutorial ltmax (ixtreme burner max)
/untuk bikin ltmax disc (ltmax disc untuk lt 2.0 dan lt 3.0):
http://www.team-xecuter.com/forums/s...ad.php?t=73745

Tidak ada komentar:

Posting Komentar